http://studentsite.gunadarma.ac.id tugas wirausaha

  1. Apa yang dimaksud dengan kewirausahaan, berasal dari bahasa apakah? Sebutkan pula artinya

Mungkin dari kita sudah tidak asing dengan kata kewirausahaan, namun apakah kewirausahaan itu. Kewirausahaan (Inggris: Entrepreneurship) adalah proses mengidentifikasi, mengembangkaan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.[rujukan?] Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

Kewirausahaan memiliki arti yang berbeda-beda antar para ahli atau sumber acuan karena berbeda-beda titik berat dan penekanannya. Richard Cantillon (1775), misalnya, mendefinisikan kewirausahaan sebagai bekerja sendiri (self-employment). Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang menghadapi risiko atau ketidakpastian.

Berbeda dengan Cantillon, menurut Penrose (1963) kegiatan kewirausahaan mencakup indentfikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi sedangkan menurut Harvey Leibenstein (1968, 1979) kewirausahaan mencakup kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya.

Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausahawan. Muncul pertanyaan mengapa seorang wirausahawan (entrepreneur) mempunyai cara berpikir yang berbeda dari manusia pada umumnya. Mereka mempunyai motivasi, panggilan jiwa, persepsi dan emosi yang sangat terkait dengan nilai nilai, sikap dan perilaku sebagai manusia unggul.

2. Apa yang dimaksud dengan wirausahawan, dan sebutkan tiga jenis perilakunya?

Jawab: Wirausahawan adalah seorang katalisator. Mereka adalah orang-orang yang melakukan tindakan sehingga suatu gagasan bisa terwujud menjadi suatu kenyataan. Mereka menggunakan kreativitasnya untuk senantiasa melakukan pengembangan yang bersinambungan. Wirausahawan didefinisikan oleh David E. Rye sebagai seorang yang mengorganisasikan dan mengarahkan usaha dan pengembangan baru, memperluas dan memberdayakan suatu perusahaan/organisasi, untuk memproduksi produk baru atau menawarkan jasa baru kepada pelanggan baru dalam suatu pasar yang baru.

Dalam bahasa Joseph Schumpeter, wirausahawan didefinisikan sebagai orang yang memperbaiki orde ekonomi yang sudah ada dengan memperkenalkan produk (barang dan jasa) baru, dengan menciptakan organisasi baru, atau dengan mengeksploitasi bahan baku baru (Bygrave, 1996: 1). Definisi lain tentang wirausahawan yang dipresentasikan oleh William D. Bygrave adalah orang yang memperoleh peluang dan menciptakan suatu organisasi untuk mengejar peluang itu (Bygrave, 1996: 2).

Karakteristik yang dimiliki oleh seorang wirausaha memenuhi syarat-syarat keunggulan bersaing bagi suatu perusahaan/organisasi, seperti inovatif, kreatif, adaptif, dinamik, kemampuan berintegrasi, kemampuan mengambil risiko atas keputusan yang dibuat, integritas, daya-juang, dan kode etik niscaya mewujudkan efektivitas perusahaan/organisasi.

3. Wirausahawan dunia modern muncul pertama kali di Inggris pada masa revolusi pada akhir abad ke 18. Apa yang menjadi kunci penting seorang wirausahawan? Sebutkan Karakteristiknya menurut Mc Clelland dan karakteristiknya yang sukses dengan n Ach tinggi. Jawab:

Karakteristik Wirausahawan Menurut McClelland ada 9 yaitu:

  • Keinginan untuk berprestasi.
  • Keinginan untuk bertanggung jawab.
  • Preferensi kepada resiko-resiko menengah.
  • Persepsi kepada kemungkinan berhasil.
  • Rangsangan oleh umpan balik.
  • Aktivitas energik.
  • Orientasi ke masa depan.
  • Keterampilan dalam pengorganisasian.
  • Sikap terhadap uang.

Sedangkan, karakteristik wirausahawan yang sukses dengan n Ach tinggi yaitu:

  • Kemampuan inovatif.
  • Toleransi terhadap kemenduaan (ambiguity).
  • Keinginan untuk berprestasi.
  • Kemampuan perencanaan realistis.
  • Kepemimpinan terorientasi kepada tujuan.
  • Obyektivitas.
  • Tanggung jawab pribadi.
  • Kemampuan beradaptasi.
  • Kemampuan sebagai pengorganisasi dan administrator.

4. Sebutkan tiga kebutuhan dasar yang mempengaruhi pencapaian tujuan ekonomi menurut Mc Clelland, dan berikanlah contoh masing-masing!

jawab:

  • Kebutuhan untuk berprestasi (nAch)

n-ACH adalah motivasi untuk berprestasi, karena itu karyawan akan berusaha mencapai prestasi tertingginya, pencapaian tujuan tersebut bersifat realistis tetapi menantang, dan kemajuan dalam pekerjaan. Karyawan perlu mendapat umpan balik dari lingkungannya sebagai bentuk pengakuan terhadap prestasinya tersebut.

  • Kebutuhan untuk berafiliasi (n Afil)

Kebutuhan untuk Berafiliasi atau Bersahabat (n-AFI) Kebutuhan akan Afiliasi adalah hasrat untuk berhubungan antar pribadi yang ramah dan akrab. Individu merefleksikan keinginan untuk mempunyai hubungan yang erat, kooperatif dan penuh sikap persahabatan dengan pihak lain. Individu yang mempunyai kebutuhan afiliasi yang tinggi umumnya berhasil dalam pekerjaan yang memerlukan interaksi sosial yang tinggi. Mc Clelland mengatakan bahwa kebanyakan orang memiliki kombinasi karakteristik tersebut, akibatnya akan mempengaruhi perilaku karyawan dalam bekerja atau mengelola organisasi.

  • Kebutuhan untuk berkuasa (n Pow)

Kebutuhan akan Kekuasaan (n-POW) Kebutuhan akan kekuasaan adalah kebutuhan untuk membuat orang lain berperilaku dalam suatu cara dimana orang-orang itu tanpa dipaksa tidak akan berperilaku demikian atau suatu bentuk ekspresi dari individu untuk mengendalikan dan mempengaruhi orang lain.

5. Sebutkanlah sumber-sumber gagasan dalam identifikasi peluang usaha baru!

Jawab: biasanya sumber-sumber gagasan peluang usaha baru bisa muncul ketika:

  •  Kebutuhan akan sumber penemuan.
  • Hobi atau kesenangan pribadi.
  • Mengamati kecenderungan-kecenderungan.
  • Mengamati kekurangan-kekurangan produk dan jasa yang ada.
  • Kegunaan lain dari barang-barang biasa.
  • Pemanfaat produk dari perusahaan lain.

6. Sebutkan unsur-unsur analisa pulang pokok!

Jawab: analisa pulang pokok yaitu:

Biaya tetap merupakan biaya yang harus ditanggung oleh pihak perusahaan walaupun jumlah permintaan produksi menurun.

Biaya variabel adalah biaya yang apabila permintaan akan jumlah produksi berturun juga biaya variabelnya atau tidak tetap.

Biaya total adalah biaya yang dikeluarkan untuk ongkos produksi. Baik itu biaya tetap maupun biaya variabel.

Pendapatan total adalah pendapatan sebelum dikurangi dengan modal yang dikeluarkan untuk jumlah produksi yang dibuat.

7.Apa yang dimaksud dengan waralaba (franchising). Sebutkan pula jenis-jenisnya?

Jawab: Pengertian waralaba menurut PP RI No. 42 Tahun 2007 tentang waralaba, (Revisi atas PP No. 16 Tahun 1997 dan Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No. 259/MPR/Kep/7/1997 Tentang Ketentuan dan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Usaha Waralaba), waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perorangan atau badan usaha terhadap sistem dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti hasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Beberapa terminologi berkaitan dengan usaha waralaba:

  1. Franchise Contract adalah perjanjian hukum antara pewaralaba dengan terwaralaba
  2. Franchise adalah hak-hak istimewa yang diatur dalam perjanjian waralaba.
  3. Franchisee (terwaralaba) adalah pihak yang mendapatkan hak untuk menjalankan usaha waralaba yang kekuasaannya dibatasi berdasarkan perjanjian dengan pewaralaba.
  4. Franchisor (pewaralaba) adalah pihak yang memiliki bisnis dan penjual hak waralaba kepada terwaralaba. Pewaralaba adalah pihak didalam kontrak waralaba yang menentukan sistem untuk diikuti dan syarat-syarat yang disepakati oleh pihak lain yang terlibat.

8.Apa yang dimaksud dengan pemasaran langsung dan sebutkan teknik alternatifnya!

Jawab: sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan/atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi. (Direct Marketing Asosiation (DMA), Kotler, 2000:740).

Teknik alternatif pemasaran langsung

  1. Penjualan tatap muka (Direct selling) Kunjungan penjulan lapangan.
  2. Pemasaran surat langsung (Direct mail) Brosur, informasi, fax, email, voice mail.
  3. Pemasaran melalui katalog (Catalog selling) Pengiriman katalog berupa cetakan, CD, Video.
  4. Pemasaran via telepon (Telemarketing) Operator telepon.
  5. TV Iklan, TV Interaktif, Talk show.
  6. Online (internet selling).

9. Sebutkan dan jelaskan pembagian dalam bentuk-bentuk kepemilikan!

Jawab :  bentuk kepemilikan suatui bisnis dibagi menjadi tiga, yaitu:

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;}

a.       Scole proprietorship adalah kepemilikan tunggal. Bentuk bisnis ini biasa ditemukan dimana-mana. Dengan adanya kepemilikan tunggal, sang pemilik bisa dengan leluasa mengatur roda bisnisnya tanpa diganggu oleh para pemegang saham.

b.      Partnership atau kemitraan. Tidak semua mampu bergerak sendiri, adakalanya membutuhkan bantuan dari rekan bisnisnya. Dengan adanya kemitraan ini maka keuntungan tidak bias dinikmati sendirian. Begitupun dengan arah bisnis dan ekspansi yang akan dilakukan.

c.       Corporation atau perusahaan yang banyak dimiliki oleh orang banyak asalkan mempunyai saham di perusahaan tersebut.

d.      Joint ventures and sindycatesatau kerjasama dan indikasi maksudnya adalah suatu kerja sama dua atau lebih perusahaan yang memproduksi satu produk yang sama.

Se10. Sebutkan tiga alternatif pada saat berakhirnya usaha

Jawab: LIKUIDASI, REORGANISASI, dan RESCHEDULING.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: