SOFT SKILL: Etika Profesi 2

  • Jelaskan perbedaan pokok antara moral dengan etika, berikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari!

Jawab:

Menurut pengertiannya, moral berarti kebiasaan atau cara hidup dan etika berarti nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat atau suatu organisasi untuk mengatur kebiasaan atau cara hidup kelompok tersebut. Melalui pengertian di atas dapat terlihat perbedaan pokok dari dua kata tersebut yaitu, moral merupakan cara atau kebiasaan hidup suatu seseorang/kelompok dan etika merupakan nilai-nilai yang membantu seseorang/kelompok tersebut untuk membedakan cara atau kebiasaan hidup yang baik dan yang buruk serta menuntun untuk melakukan kebiasaan hidup yang baik.

Contoh:  nyatanya  yaitu ketika seorang pengemudi  melakukan kegiatan menyuap petugas kepolisoan, hal ini menunjukan bahwa tingkat moral dari pengemudi tersebut kurang baik. Kemudian dengan adanya etika, pengemudi  tersebut dituntun untuk memperbaiki kebiasaan hidupnya dengan menghilangkan kebiasaan menyuap, karena menyuap petugas kepolisian  itu tidak baik. atau

(Sumber:http://tendik.kemdiknas.go.id/id/download/doc_download/50-etika-organisasi-pemerintahan)

  • Jelaskan perbedaan pokok antara paham kantianisme dan utilitariansime! Berikan contoh masing-masing!  Paham mana yang lebih banyak dianut oleh para profesional/Insinyur di bidang keteknikan? Mengapa?

Jawab:

A.)      Kantianisme adalah paham dimana setiap kita mengambil keputusan, kita harus membayang kan bagaimana bila kita adalah pihak yang dirugikan. Paham ini menjelaskan bahwa bila memang harus dilakukan sebuah tindakan, maka tindakan itu dilakukan tanpa memperhatikan kepentingan orang lain.

(Sumber:http://samsenyum.blogspot.com/2011/05/ringkasan-tentang-aliran filsafat.html, April 2012).

B.)      Paham utilitariansime adalah suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang menguntungkan, berfaedah, dan yang berguna bagi orang lain, dengan tujuan mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh perbuatan yang dilakukan. (Sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Utilitarianisme)

  • Jelaskan yang dimaksud dengan dilemma moral, beri contoh dalam kejadian dalam kehidupan sehari-hari!

Jawab:

Dilema moral merujuk kepada sesuatu keadaan di mana terdapatnya konflik nilai dan memerlukan seseorang membuat pilihan nilai dan beri sebab atau justifikasi ke atas keputusannya. Dilema moral ini boleh terdiri daripada dilemma hipotetikal (direkakesusasteraan atau isi kandungan sesuatu disiplin) atau yang benar-benar (real-life), berlaku dalam kehidupan seseorang tersebut.

(Sumber:http://pendidikanmoral.um.edu.my/uploads/rujukan/pendekatan%20pendidikan%20moral.pdf)

Contohnya: semua objek fizikal bertindak mengikut hukum graviti.  Hukum-hukum ini membenarkan kita meramal bagaimana sesuatu badan semula jadi bertindak. Akan tetapi, selain mengikut  hukum-hukum semula jadi ini, manusia boleh memilih cara mereka bertindak dengan sengaja terhadap sesuatu peraturan, undang-undang, atau hukuman. Manusia berkebolehan menetapkan matlamat-matlamat hidupnya mengikut situasi-situasi tertentu, dan memformulakan peraturan-peraturan bagi mencapai matlamat-matlamat ini.  Walau bagaimanapun, mamusia juga boleh melanggar peraturanperaturan yang ditetapkan mereka sendiri. Kata-kata pujian dan marah, ganjaran hadiah dan denda bertujuan untuk memperkuatkan  pengesahan peraturan-peraturan ini dalam membatasi kelakuan manusia.

(Sumber: http://eprints.utm.my/6035/1/aziziyahmoral.pdf)

  • Salah satu syarat untuk menjadi profesional adalah dimilikinya kompetensi dalam bidangnya. Sehubungan dengan hal tersebut jelaskan kompetensi utama dan kompetensi penunjang yang harus dimiliki oleh Sarjana Teknik Industri Indonesia!

Jawab:

harus mampu mengidedintifikasikan dan memecahkan semua masalah baik dibidang perancangan maupun perbaikan dari komponen sistem yang terintegrasi yang terdiri dari manusia, material, informasi, dan energi yang kreatif. Selain itu juga harus mampu mempunyai wawasan luas sehingga dapat memahami dampaknya terhadap lingkungan, juga memahami dan melaksanakan tanggung jawab dan etika profesi. Kompetensi penunjang yang harus dimiliki yaitu kemampuan bersosialisasi, berkomunikasi, sikap dan tutur kata yang baik, memiliki pengetahuan tambahan, serta bekerja sama secara efektif dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang sedang dan akan dihadapi kelak….

2 Tanggapan to “SOFT SKILL: Etika Profesi 2”

  1. Chairunnisa Nisa Says:

    Maaf sehubungan dengan mata kuliah softskill silahkan dimasukkan link gunadarma http://www.gunadarma.ac.id/ di blog kalian.terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: